Perbatasan Sumut Aceh

Buserkriminal | Langkat- Jelang Hari Raya Idul Adha 1445 H yang jatuh pada hari, Senin (17/6/2024) atau sering disebut Hari Raya Qurban, Petugas chek point Dinas Perkebunan dan Peternakan Pemerintah Sumatera Utara lakukan pengawasan lalulintas hewan di perbatas Sumut-Aceh.

Pengawasan yang dilaksanakan Dinas Perkebunan dan Peternakan Sumatera Utara dipimpin oleh Drh. Zoerul Fahlevi dibantu oleh tim lainnya, Agri Nugroho dan ada juga dari  petugas chek point Aceh Tamiang Arif Rifani yang sudah dilaksanakan dari beberapa hari, pantauan awak media, Sabtu (15/6/2024) siang. Drh Zoerul Fahlevi selain petugas chek point juga dikenal sebagai Kabid Humas Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) cabang Sumatera Utara.

Drh Zoerul Fahlevi saat ditemui awak media ini  Sabtu (15/6) disela – sela kegiatan melakukan chek point diperbatasan Sumatera – Aceh jelang hari raya Idul Adha, ” kami sedang melakukan pengawasan lalu lintas hewan” ungkap Drh Zoerul Fahlevi.

Kami dari tim chek point melakukan pengawasan, adapun yang kami lakukan, melakukan pemeriksaan dokumen Surat Keterangan Kesehatan Hewan (SKKH) yang dikeluarkan oleh dokter hewan yang berwenang, selain itu juga dilakukan pemeriksaan umum pada hewan.

Dari hasil  monitoring pengawasan lalu Lintas hewan yang kita lakukan dalam beberapa hari terakhir menjelang Iduladha, hewan yg masuk ke Sumut maupun keluar sumut dalam keadaan sehat dan memiliki SKKH. Tujuan kegiatan ini adalah dalam upaya pengendalian dan pencegahan penyakit ZOONOSIS (penyakit yang menular pada hewan ke manusia) Drh Zoerul Fahlevi bersama tim usai melakukan chek point

“Harus diingat, daging kurban yang tidak layak dikonsumsi harus dimusnahkan. Sebab jika tetap dibagikan kepada masyarakat, justru akan mendatangkan mudarat, karena dapat berpotensi membahayakan kesehatan orang yang mengkonsumsinya.

“Selain itu, kegiatan ini dalam upaya untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat ,sekaligus menjamin daging kurban yang mereka konsumsi benar-benar aman sehat utuh dan halal. Sambil tersenyum Drh Zoerul Fahlevi mengakhiri dan menyapa, selamat merayakan Hari Raya Idul Adha, semoga kita diberi kesehatan semua, amiiiin (RN)

Bagikan :